Assalamualaikum
Selamat Malam para pembaca ...
Selamat Malam para pembaca ...
Malam
ini saya akan berbagi posting tentang manajemen pemasaran, langsung disimak yah,
berikut penjelasannya :
Manajemen
Pemasaran
Manajemen
pemasaran sering disebut manajemen permintaan, alasannya
ialah karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan
baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan
kelangsungan hidup usahanya. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan
perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen untuk memenuhi
kebutuhan sesuai permintaan konsumen atau pembeli untuk
mencapai tujuan organisasi, oleh karena itu manajemen pemasaran sering disebut
manajemen permintaan.
Berdasarkan konsep inti pemasaran, kebutuhan berbeda
dengan keinginan. Kebutuhan lebih
menggambarkan tuntuan dasar manusia,
muncul akibat ketidakberadaan
beberapa pemuas dasar. Contohnya manusia membutuhkan makanan, udara, air,
pakaian, dan tempat berlindung untuk bertahan hidup. Kebutuhan ini tidak diciptakan oleh masyarakat atau
pemasar. Mereka merupakan hakikat biologis dan kondisi manusia. Sedangkan,
Keinginan adalah hasrat akan pemuas
kebutuhan yang spesifik dan dibentuk oleh lingungan masyarakat. Contohnya manusia
menginginkan rekreasi, pendidikan, keamanan, harga diri, hak milik dan lainnya.
Mereka memiliki preferensi yang kuat atas jenis dan merek tertentu dari barang
dan jasa.
Antara pasar dengan pemasaran memiliki perbedaan satu
sama lain. Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan
harga, promosi, penyaluran gagasan/barang/jasa untuk menciptakan pertukaran
yang memenuhi individu dan organisasi. Sedangan, Pasar merupakan
kumpulan penjual dan pembeli yang melakukan transaksi atas sebuah produk atau
kelompok produk tertentu. Berarti Pemasaran lebih menekanan pada proses
sedangkan pasar lebih mengarah kepada tempat terjadi nya proses tersebut.
Apa yang dimaksud bauran pemasaran? Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan kumpulan
dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh
suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran. Jadi, bauran pemasaran terdiri dari himpunan variabel yang dapat
dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan
konsumen dalam pasar sasarannya. Bauran
pemasaran terdiri dari 4 komponen, yaitu :
- Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
- Price (harga) adalah sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.
- Place (tempat) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
- Promotion (promosi) adalah berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
Sekian penjelasan saya yang saya ambil dari beberapa referensi dibawah.
Semoga bermanfaat J
Wassalamu’alaikum
*Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar